Thursday, January 29, 2009

MISS YOU MUCH

Terasa lama banget mas aji di Medan....Cepet pulang Nak...abi kangen banget.Rencananya minggu depan mas aji bakalan balik lagi ke Banda Aceh. Mas....betapa Abi sayang sama Kamu

Sunday, January 25, 2009

SAFETY WORK

Nampaknya Abang ini gak kenal lagi rasa takut, walau cuaca mendung tetep aja dia manjat untuk install peralatan Antene Radio Fm.Tanpa alat pengaman dia tetap menyelesaikan tugasnya, HEBAT atau KONYOL...Tapi memang begitulah Standard kerja dinegeri ini.Asal mau kerja keras maka dia layak mendapatkan sesuatu sekalipun itu Nyawa taruhannya. Lokasi Neusu Aceh.Depan rumah

Wednesday, January 14, 2009

MASJID ANEUK BATEE

Di Aceh jangan heran kalau kita melihat begitu banyak masjid berdiri, bahkan disalah satu kampung berdiri dua masjid bersebelahan.Di Gampong gampong (nama lain desa diaceh) aceh dipimpin oleh seorang kepala desa yang disebut Geucik atau Keucik biasanya mereka memiliki sebuah masjid sendiri disebuat Meunasah (kalau didaerah lain bisa disebut Mushalla.Meunasah ini disamping berfungsi sebagai tempat Ibadah juga difungsikan sebagai tempat pertemuan perangkat desa atau pertemuan pertemuan pemuda desa, umumnya meunasah ini bersebelahan dengan kantor desa.Kemudian beberapa gampong tergabung dalam sebuah organisasi adat bernama Keukiman yang dipimpin oleh Imeum Mukim.Dan masjid utama adalah masjid yang dimiliki oleh beberapa gampong tersebut bisa juga disebut masjid kemukiman.Untuk penggunaan masjid ini biasanya difokuskan pada urusan keagamaan semata, dan untuk rapat rapat kepala desa dilakukan dimeunasah meunasah.

Tuesday, January 13, 2009

Jelame

Minggu kemarin ada acara temen kawinan, dia minta aku yg foto yaa.....sekalian bantu bantu juga dapet job,Lagian sekalian juga promosi siapa tau bisa dipake didaerah Sibreh dan sekitarnya.Oke jelame itu sendiri adalah hantaran orang nikah di aceh, isinya macem macem dari pakaian lengkap si pengantin cewek sampe makanan khas aceh, seperti ada dodol yang sudah dihias,ada juga bawa tebu. Kemudian sebelum pengantin lelaki memasuki rumah pengantin wanita, terlebih dahulu oleh ibunda pengantin wanita akan disambut dengan melemparkan beberapa genggam padi di atas payung pengantin lelaki tersebut.Tamu lelaki dan wanita pada resepsi pernikahan di aceh selalu dipisah,begitupun kalau kedatangan dari pihak pengantin lelaki tempat makan merekapun dipisah antara lelaki dan wanita.Setelah acara makan selesai kemudian kedua pengantin dipertemukan dan disanding dipelaminan.Istilah untuk mengantar pengantin lelaki kerumah wanita disebut Intat Linto Baro, dan pihak keluarga disebut Teung Dara Baro.

Saturday, January 10, 2009

Intropeksi

Jangan sampai kebaikan menjadi kebencian Jangan sampai persahabatan menjadi permusuhan Yakinkan dihatimu……tetapkan dihatimu Jangan pernah untuk mencoba lagi Karena keuntungan apa yang kau dapat hanyalah sebuah bencana Bagai Batu besar yang digantungkan dikakimu yang akan menarikmu dengan kuat kedasar jurang yang sangat dalam Jangan…jangan terpikirkan oleh otak kreatifmu Karena hal itu tak butuh rekayasamu Buang sajalah keinginan itu Sejauh kau bisa lemparkan itu. Sebesar itukah keuntungan bagi dirimu Atau sehina itukah engkau Ya….kau sangat hina bila kau menyentuhnya Cukup sudah satu teguran Jangan kau terima jika dia memberi Bukankah kau sudah berjanji…. Wahai lelaki rapuh….. Ayo…tegakkan tiang tiang cahaya kebenaranmu Bangunkan kembali langkah pertamamu Karena jalanmu saat ini sudah sepantasnya kau tapaki Jangan bergumul dengan semua keinginanmu yang dulu Masa kemarin adalah petakamu Jangan berikan prilakumu dulu Untuk tunas tunas yang butuh perawatan terbaik Atau kau akan tenggelamkan seluruhnya K O R U P S I

Mas Aji sakit

Kasian mas aji sudah 3 hari ini sakitnya belum sembuh. Batuk,pilek,demam,radang tenggorokan.Mana makannya gak banyak (hilang nafsu makan).Kedokter sudah dua kali.Malah tadi dah dibawa juga ke Rumah Sakit Bulan Sabit Merah di Lamlagang.Mau test darah eh..malah perawatnya gak bisa ambil darah mas aji.Cuma kalo siang mas aji terlihat sehat,seger,kalo menjelang malam mulai lagi kelihatan loyo.Tadi timbang badan mas aji beratnya 11,5kg.Cepet sembuh yaa.. nak! Buat kami gembira dengan kegembiraanmu.Tapi walau sakit senyumnya masih cakep lho…nak.Katanya sih sakitnya anak mau Pande.Biar cepet bisa jalan ama ngomong.Mas aji baru bisa jalan 4 langkah kalo gak dipegangin, terus dan bisa bilang Apa! sama mmie...

Monday, January 5, 2009

Ulang Tahun

Bulan Desember kemarin ada ponakan dari ibu pengasuh ( Ibu Basyirah) mengadakan perayaan Ulang Tahun yang ke 4 di Panti Kampung Carinthia,Semua anak panti diundang.Sangat sederhana acaranya.Namun bagiku itu lebih bermakna dari Ultah Ultah anak yang lainnya, yang biasanya bagi yang mampu di adakan di Mc Donald atau Kentucky Fried Chicken.Dengan berdoa bersama sama anak Yatim dan Fakir miskin tentu saja menambah kepekaan kita pada sesama.Dan anak anak panti tentu saja sangat bahagia mendapat bingkisan makan nai goreng dan snack.Mungkin untuk sebagian orang hal ini dianggap sangat biasa, tidak bagi kami dipanti.Acara seperti ini sangat membahagiakan dan anak anak dengan spontan dapat menunjukkan keberanian mereka untuk sekedar mengucapkan selamat Ulang Tahun didepan teman temannya. Lokasi Panti Asuhan Kampung carinthia

Sunday, January 4, 2009

Neuhuen

Ini adalah kompleks perumahan korban Tsunami yang dibangun oleh nhegara China. Lebih dikenal dengan rumah Jacky Chan.Dibangun diatas bukit dengan fasilitas yang lengkap.Dibangun di daerah Neuhuen Aceh Besar.

Saturday, January 3, 2009

Makan Malem

Siang tadi makan gak gitu semangat, Icut masak Tek wan,cuma karena kaldu udangnya kebanyakan jadi rasanya gak begitu pas.Tapi tetep aja dimakan walau gak banyak banget.Makanya menjelang magrib Lapeer berat.Kebetulan icut lagi belanja Ya...sekalian beli fettucini dan kawan kawannya.Pas icut nyampe rumah langsung deh kedapur buat Smoke Beef Fettucini.Karena sebelumnya udah pernah buat tapi pake Tuna kaleng. Cuma tadi karena icut lupa beli susu cair...yah terpaksa pake susu bubuk campur air makanya rasanya agak manis, tapi karena laper berat Enak aja dilidah.Karena Lidah gak bisa Bohong....

Smoked Beef Fettucini untuk: 6 porsi

Bahan: 250 gr fettucini, rebus dengan 1-2 sdm minyak dalam air mendidih (2,5 liter) selama 15 menit, tiriskan. Masukkan 1-2 sdm minyak ke dalam fettucini yang sudah ditiriskan, aduk rata agar tidak lengket.

2 sdm margarine 2 sdm tepung terigu 500 ml susu cair 1/2 sdt garam 1/4 sdt merica bubuk 1/2 buah bawang bombay, potong halus dan chop 6 lembar daging sapi asap, potong 1cm memanjang

Cara membuat: 1. Panaskan margarine dalam wajan besar. Masukkan Bawang bombay,tepung terigu, aduk hingga rata. Sambil terus diaduk, masukkan susu cair sedikit demi sedikit. Aduk terus hingga mengental. Masukkan garam dan merica, aduk rata. 2. Masukkan fettucini, dan daging asap, aduk hingga semua tercampur rata. 3. Siap disajikan hangat. Di sadur dari Jurnal harianku.blog.friendster.com Yang mark merah improvisasi aku dalam cara memasak. Dan daging asap bisa juga diganti pake Tuna kaleng.Coba deh.....dijamin maknyus....................

Renunganku diawal tahun

Entah karena aku getting older atau karena banyak kesibukan kerja sehingga menyambut pergantian tahun 2008 ke 2009 gak ada rasa sama sekali gak ada gereget sedikitpun.Gak seperti jaman kuliah dulu, satu hari sebelum tahun baru sudah merencanakan masak masak apa yang akan aku kerjakan menyambut pergantian tahun. Tepat malam 31 desember kemaren aku dan anak anak panti mengadakan syukuran Tahun baru Islam dan Ulang tahun panti kami yang pertama bersama.Kami mengadakan malam kesenian bersama anak panti.Setahun sudah kami bersama sama dengan anak anak, sekarang mereka sudah pandai menari,baca puisi,melakonkan drama suatu progress yang bagus banget, mengingat mereka sebelum bergabung di panti secara fisik dan mental kurang menggembirakan. Dapat kulihat kebahagian mereka manakala mereka memamerkan kemampuan mereka didepan Koramil,Pak Mukim dan Pak Keucik juga kepala Tuha peut di desa Aneuk Batee.Dan rasa berdebar terus saja menghantuiku karena sebentar lagi NGO tempatku bekerja akan habis masa kerjanya untuk mensupport anak anak panti,Tak tahu gimana cara agar aku bisa terus mempertahankan Panti yang sudah kami bentuk dari awal.Namun begitu aku yakinkan kepada mereka bahwa Panti tetap akan berdiri karena Pemda Aceh Besar akan membantu secara finansial untuk keberadaan panti. Bila aku lihat si Sisi dengan wajah manisnya melenggak lenggok menarikan tarian RanupLampuan (tari penyambutan tamu) Si Anis yang malu malu tapi akhirnya berani juga tampil kedepan semua itu makin membuat hati ini pilu bisakah aku meneruskan panti mendidik mereka sampai mereka mandiri.Seharusnya di negeri ini orang orangnya harus lebih peduli terhadap sesamanya.